28.4 C
Jakarta
Sabtu, 3 Juni 2023
BerandaAnjingBegini Cara Memulainya, Bisnis Pet Shop dapat Cuan Banyak!

Begini Cara Memulainya, Bisnis Pet Shop dapat Cuan Banyak!

Tanggal:

Artikel Terkait

Bagaimana Mengetahui Usia Kucing Anda?

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer...

Kucing Takut Air, Benarkah itu Fakta?

Kucing merupakan hewan yang sangat menjaga kebersihan dirinya sendiri....

5 Tips Memilih Dan Memelihara Kucing Persia

Kucing Persia adalah salah satu ras kucing yang amat...

Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Kucing Yang Umum Terjadi

Kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan. Namun, terkadang...

Gejala Dan Tanda-tanda Kucing Sakit Yang Perlu Diketahui

Pertemanan dengan kucing memang menawarkan banyak kebahagiaan. Namun, seperti...
spot_imgspot_img

Bagaimana, Juragan semakin tertarik? Sebelum bergegas mencari vendor dan supplier peralatan pet shop, ada baiknya untuk selalu belajar cara memulai bisnisnya berikut ini:

  1. Tentukan Lokasi Pet Shop
    Langkah pertama yaitu menentukan lokasi yang strategis, karena nantinya lokasi akan menentukan seberapa mudah dijangkau oleh target market dan carilah lokasi yang mudah untuk diakses tetapi tetap memperhatikan kenyamanan bagi para hewan ketika akan dititipkan ke pet shop. Tempat yang kondusif harus bebas dari kebisingan dan apabila terpaksa, maka bisa disediakan peredam ruangan untuk mencegah suara dari luar yang dapat berdampak pada hewan sehingga menjadi lebih mudah stress. Pastikan juga tempat penitipan selalu bersih agar hewan serta pelanggan nyaman dan menjaga kesehatan serta usahakan tempat yang dekat dengan pemukiman supaya mudah diketahui dan dijangkau.
  2. Tentukan Jenis Layanan
    Tidak hanya hewan anjing dan kucing saja yang bisa dirawat, biasanya bisnis pet shop juga menyediakan layanan untuk berbagai jenis hewan peliharaan lainnya. Sehingga, tentunya banyak jenis layanan yang ditawarkan, mulai dari jual-beli hewan yang legal, jual-beli kebutuhan pangan hewan, kebutuhan sandang, mainan, dan banyak lainnya.
Baca Juga:  Ampuh! Cara ini Cegah Kucing BAB Sembarangan

Supaya bisa lebih membangun nama pet shop, maka bisa menerapkan layanan one stop service atau menyediakan semua jenis layanan hewan, mulai dari jasa titip, jual-beli, dan salon hewan, sehingga dengan begitu target pasar akan semakin mempercayai pet shop yang kamu punya untuk melakukan berbagai perawatan pada hewan kesayangan mereka.

  1. Mengurus Izin
    Selain menyelesaikan berkas perizinan toko pet shop, kamu juga perlu untuk meminta izin usaha pet shop lingkungan sekitar dengan tujuan agar menghindari adanya konflik dan menghargai warga sekitar supaya bisa saling menerima keberadaan satu sama lainnya. Alasan utama yaitu karena tidak semua orang nyaman dengan keberadaan hewan peliharaan di dekat rumah mereka, jadi dengan mempertimbangkan hal tersebut kamu bisa mengajukan surat permohonan surat izin kepada dinas kota agar semakin aman dan nyaman dalam membuka bisnis.
  2. Cari Veternian dan Caretaker Terpercaya
    Membuka bisnis pet shop bukan sembarangan karena pasti membutuhkan tenaga ahli seperti veterinarian atau dokter hewan dan caretaker atau perawat hewan. Dengan keberadaan tenaga ahli kesehatan hewan tersebut, tentu akan semakin menambah pamor toko pet shop agar mudah mendapatkan kepercayaan dari banyak orang serta membantu dalam menjaga kesehatan hewan yang dititipkan.
  3. Bangunlah Beberapa Komunitas
    Bisnis pet shop sangat membutuhkan komunitas untuk bisa berkembang caranya yaitu dengan melakukan promosi, memberikan layanan khusus untuk komunitas lainnya, dan terlibat langsung dalam berbagai event yang sudah diselenggarakan oleh banyak komunitas. Maka, bisnis pet shop akan kian melejit dan banyak dipercaya menjadi tempat merawat dan penitipan hewan yang terbaik dan terpercaya.
  4. Berbagi Edukasi
    Calon pembeli hewan peliharaan umumnya sangat minim pengetahuan mengenai cara merawat hewan yang baik dan benar, sehingga kamu bisa berbagi ilmu untuk mengatasi kekhawatiran calon pembeli agar semakin mantap dalam mengambil keputusan agar mau merawat hewan menggemaskan. Selain secara mengedukasi saat pembeli ke toko, kamu juga bisa berbagi ilmu ke media sosial yang tentunya akan semakin meningkatkan branding pet shop yang dijalankan.
Baca Juga:  Fix! Ini Cara Paling Ampuh Melatih Kucing BAB di Tempatnya

Analisa Peluang Usaha

Modal Awal Pet Shop:

Kandang Rp 3.000.000

Etalase kaca Rp 2.500.000

Makanan hewan untuk dijual Rp 5.000.000

Perlengkapan mandi untuk dijual Rp 1.500.000

Aksesoris untuk dijual RP 500.000

TOTAL Rp 12.500.000

Biaya Operasional Setiap Bulan:

Karyawan 2 orang Rp 2.200.000

Makanan hewan yang dititipkan Rp 3.000.000

Bahan perawatan hewan yang dititipkan Rp 1.500.000

TOTAL Rp 6.700.000

Omzet Setiap Bulan

Penitipan hewan: 60 hewan x Rp47.000 Rp 2.820.000

Grooming: 90 hewan x Rp63.000 Rp 5.670.000

Profit penjualan makanan hewan Rp 1.800.000

Proft penjualan aksesoris dan lainnya Rp 1.700.000

TOTAL Rp 11.990.000

Sehingga, keuntungan perbulan yang bisa didapatkan, yaitu = Rp 11.990.000 – Rp 7.200.000 = Rp 5.290.000 dimana kurang dari 3 bulan saja, kamu sudah akan balik modal dengan waktu yang terbilang cukup singkat.

Baca Juga:  Hamster Mengalami Ekor Basah atau Diare, Begini Cara Mengobatinya
Yun Kurniawan ST
Yun Kurniawan ST
Lulusan teknik mesin namun mencintai hewan ternak terutama ruminansia dan kelinci. Sejak masih sekolah sering menjuarai berbagai lomba menulis dan mulai menulis profesional sejak lulus kuliah ditahun 2014

Terbaru

spot_img

TERPOPULER

Bagaimana Mengetahui Usia Kucing Anda?

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia. Sebagai pemilik kucing, tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik untuknya. Salah satu...

Ternak Kelinci, Pemula Wajib Tahu agar Tidak Rungkad!

Peluang usaha ternak kelinci cukup menjanjikan karena kelinci termasuk hewan yang gampang dijinakkan, mudah beradaptasi, dan cepat dalam berkembangbiak. Secara umum terdapat dua kelompok...

Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Kulit Pada Kucing

Bayi yang baru lahir memerlukan perhatian khusus, salah satunya adalah menjaga kesehatan kulitnya. Kulit bayi yang masih sensitif dan rentan terhadap iritasi membuatnya mudah...
Litter Kucing

Lengkap! Ini 5 Jenis Pasir yang ada di Bumi

Ketika kamu memutuskan untuk memelihara kucing, hal penting yang mesti dipikirkan adalah menjaga kebersihan kotorannya. Oleh karena itu, litter kucing atau pasir kucing menjadi...

Hati-hati! Ikan Lele bisa Memangsa Temannya, ini Penyebabnya

Ikan lele atau dalam bahasa inggris disebut dengan catfish adalah ikan dengan sungut panjang yang ada di sekitar mulut ikan dan menyerupai kumis kucing....