27.6 C
Jakarta
Selasa, 26 September 2023
BerandaBurungBerapa Lama Merebus Telur Puyuh?

Berapa Lama Merebus Telur Puyuh?

Tanggal:

Artikel Terkait

Beternak Burung Merak, Cuan Bak Sultan

Kebanyakan orang memelihara burung merak sebagai hewan hias, namun,...

Apa Manfaat Kacang Tanah Bagi Merpati? Banyak Sekali!

Kacang tanah merupakan kacang-kacangan yang banyak orang tanam di...

Cek! 6 Manfaat Daun Pepaya Untuk Merpati

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa burung merpati merupakan...

Jangan Terkecoh, Ini Ciri Ciri Merpati Kolong Yang Bagus

Seperti yang kalian ketahui, bahwa burung Merpati merupakan simbol...

Burung Anis Merah Hendak Mengeluarkan Bunyi, Begini Ciri – Cirinya

Burung anis merah dikenal sebagai salah satu burung menarik...
spot_imgspot_img

Telur Burung Puyuh adalah salah satu bahan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, telur Burung Puyuh juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang nikmat. Harganya pun juga murah, biasanya telur ini dijual matang atau mentah. Ketika kamu ingin mengolah telur Burung Puyuh, tentunya kamu harus merebusnya terlebih dahulu.

Berapa Lama Waktu Merebus Telur Puyuh?

Waktu perebusan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting agar kamu bisa mendapatkan tingkat kematangan yang sesuai. Berikut ini estimasi waktu untuk merebus telur Burung Puyuh:

  • 2 menit: bagian putihnya masih sedikit encer, bagian kuning masih encer.
  • 2,5 – 3 menit: rebuslah telur tersebut selama 2,5 menit untuk mendapatkan bagian kuning telur yang tidak terlalu cair, sedikit mengental namun masih lunak. Hal ini juga membuat telurnya lebih bertekstur.
  • 4 – 5 menit: telur setengah matang. 
  • 7 menit: telur sudah hampir matang, namun masih terasa lengket.
  • 8 menit: telur yang direbus sudah hampir matang dan tidak terlalu lengket.
  • 10 – 12 menit: matang sempurna.
Baca Juga:  Berapa Keuntungan Memelihara puyuh 1000 Ekor

Durasi ini dapat dihitung mulai dari waktu telur dimasukkan ke dalam air rebusan. Singkat atau panjangnya waktu yang diperlukan untuk menghasilkan tingkat kematangan telur yang sesuai juga sangat dipengaruhi oleh: banyaknya air, jumlah telur yang direbus dalam waktu bersamaan, dan besar kecilnya api.

Semakin lama kamu merebusnya, maka telurnya akan jadi semakin matang dan lebih mudah dikupas. Untuk memudahkanmu menghitung lamanya waktu merebus, kamu juga bisa menggunakan timer di ponsel. Nah, itulah waktu merebus telur puyuh yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Tips Merebus Telur Burung Puyuh

Agar hasilnya lebih maksimal, nutrisi dalam telur tetap terjaga, dan kulit telur mudah dikupas. Berikut ini ada beberapa tips merebus telur puyuh yang bisa kamu lakukan:

Siapkan Telur dan Alat yang Dibutuhkan

Pertama, kamu harus menyiapkan telur puyuh yang berkualitas. Setelah kamu panen telur atau membelinya dari peternak, sortir telur tersebut terlebih dahulu agar tidak tercampur. Kamu bisa meremnya di air, telur yang berkualitas akan tenggelam sementara telur yang jelek akan terapung.

Baca Juga:  Ingin Mencoba Memelihara Burung Hantu, Kenali Dulu Makanan Kesukaannya

Pisahkan telur yang berkualitas dan taruh di panci untuk direbus. Berikan air secukupnya, setidaknya berjarak beberapa centi diatas permukaan tumpukan telur. Air yang terlalu sedikit atau terlalu banyak akan membuat hasil rebusan kurang maksimal.

Rebus Telur Puyuh

Selanjutnya, taruh panci yang berisi air dan telur puyuh diatas tungku kompor. Nyalakan kompor dengan api kecil terlebih dahulu untuk membuat putih telur mengental. Kemudian, setelah beberapa saat perbesarlah apinya. Tunggu hingga matang, sesuaikan waktu merebus telur puyuh sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan.

Secara umum, cara merebus telur Burung Puyuh tidak jauh berbeda dari telur ayam. Hanya saja, durasinya lebih singkat dan kamu harus lebih berhati-hati agar telur puyuh yang ukurannya kecil tidak pecah dan rusak.

Baca Juga:  Ingin Pelihara Burung Hantu? Harganya Ramah kok di Kantong

Masukkan dalam Air Dingin

Setelah matang, tiriskan telur puyuhnya sejenak kemudian masukkan ke dalam baskom yang berisi air dingin agar lebih mudah dikupas. Ketukkan kulit telur tersebut ke pinggiran baskom dan kupas perlahan. Selesai, mudah bukan? Itulah beberapa tips merebus telur Burung Puyuh yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya,

Referensi:
https://sehatindofarm.com/blog/cara-merebus-telur-puyuh-terbaik/#:~:text=%C2%B7%20Selama%203%20Menit%20%3A%20Jika%20ingin,puyuh%20sudah%20benar%2Dbenar%20matang.
https://www.fimela.com/lifestyle/read/4097034/tips-merebus-telur-puyuh-yang-matangnya-pas-sudah-tahu
https://www.putraperkasa.co.id/blog/berapa-lama-merebus-telur-puyuh/
Foto : Pexels/ EKATERINA BOLOVTSOVA 
Yun Kurniawan ST
Yun Kurniawan ST
Lulusan teknik mesin namun mencintai hewan ternak terutama ruminansia dan kelinci. Sejak masih sekolah sering menjuarai berbagai lomba menulis dan mulai menulis profesional sejak lulus kuliah ditahun 2014

Terbaru

spot_img

TERPOPULER

Merica! Obat Kuat untuk Merpati dan Cara Memberikannya

Unggas atau burung adalah salah satu jenis binatang yang mempunyai banyak ragam atau banyak jenisnya. Di Indonesia sendiri, burung memiliki hampir lebih dari 10...

Bukan Hantu! Ini Alasan Kucing Terus Mengeong

Kucing yang terus menerus mengeong membuat beberapa owner cat merasa pusing. Sebab, mereka tidak tahu kenapa kucing peliharaannya terus seperti itu. Namun, kamu tidak perlu bingung...
Penyakit Kelinci

Sayangi Hewan! Simak 5 Penyakit Yang Biasa Menyerang Kelinci

Sama seperti manusia, kelinci juga rentan terhadap ancaman penyakit. Ada beberapa penyakit dan masalah umum yang bisa terjadi pada kelinci. Kelinci adalah hewan yang...
Mengenal Strain dan Jenis Ayam Petelur

Mengenal Strain dan Jenis Ayam Petelur di Indonesia

Mengenal strain dan jenis ayam petelur di Indonesia perlu Anda ketahui supaya keunggulan dan kelemahan setiap strain tersebut bisa terlihat. Setiap strain memiliki keunggulan...
Cara beternak ayam kampug asli

7 Cara Beternak Ayam Kampung Asli Modal Kecil

Ayam kampung adalah jenis ayam yang sangat populer di Indonesia. Mereka terkenal karena kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka. Ayam kampung juga terkenal...